Feeds:
Pos
Komentar

Macam-Macam Tungku :

Bagaimana cara membuat tungku sederhana tapi hasil panasnya optimal untuk memenuhi segala kebutuhan baik untuk rumah tangga, industri rumag tangga ( pembuat makanan seperti tahu, tempe, kerupuk, marning jagung dsb. ) juga tungku untuk proses penyulingan minyak asiri ( daun dilem bahasa jawa ), bioetanol dll.

Baik tungku untuk rumah tangga maupun untuk industri rumah tangga bisa dibuat dengan biaya murah, tahan lama  ( 3 tahun tergantung pemakaian ) bahkan lebih. Tungku yang menggunakan bahan bakar padat seperti kayu bakar, tongkol jagung, briker batubara, briket dari bahan lain seperti blotong ( limbah pabrik gula / PG ) dll.

Karena bahan dari bakar kayu bakar semakin sulit dan juga harganya mahal sekitar Rp. 100.000,- per meter persegi bahkan lebih di wilayah Malang Raya maka diperlukan alat pembakaran atau tungku yang dapat menghemat bahan bakar padat tersebut.

Bagian-Bagian Penting Membuat Tungku Hemat Bhn Bakar :

a. Tempat Perapian : Lubang tengah untuk proses pembakaran. Diameter lubang tengah ini disesuaikan dengan alat yang untuk memasak. Sebaiknya tidak terlalu lebar sebab proses panasnya kurang optimal.

b. Lubang samping bagian tengah dari tungku untuk memasukkan bahan bakar dibuat dengan ukuran tidak terlalu lebar sebab sirkulasi udara yang berasal dari lubang ini kan berpengaruh pada panas yang dibutukkan. Lubang asupan bahan bakar ini bisa digunakan penutup.

c. Sarangan / tempat tumpuan yang terbuat dari besi, untuk tumpuan bahan bakar ditempatkan pada lubang tengah bagian bawah. Sarangan ini dengan jarak lubang kira-kira 1 cm atau menurut kebutuhan. Kegunaan sarangan ini agar arang dari kayu yang sedang dibakar dan abunya bisa terpisah sehingga proses pembakaran bisa optimal.

d. Lubang pembuangan abu. Lubang samping pembuangan abu ini digunakan untuk mengeluarkan sisa pembakaran atau abu. Disamping itu untuk masuknya udara dari bawah ke lubang pembakaran sehingga dapat proses pembakaran secara optimal.

e. Tempat tumpuan alat memasak. Tempat ini pada bagian atas tungku untuk tempat tumpuan dari alat memasak ( panci, ceret, ketel dsb. )

Bahan Pembuatan Tungku :

1. Kaleng Cat bekas ukuran 25 kg atau drum bekas untuk bagian luar tungku.

2. Semen untuk bahan bangunan yang kan dicampur dengan pasir.

3. Pasir : macam-macam kwalitas dari pasir untuk bahan bangunan yang terbaik pasir  sungai yang berasal dari gunung. Warna pasir yang baik berwarna hitam. Kalau pasirnya yang berwarna coklat dari sungai kwalitasnya kurang baik maka campuran antara semen dan pasir 1 berbanding 4 atau 3.

Sebelum membuat briket blothong maka perlu beberapa hal yang harus diperhatikan agar kwalitas briket yang dibutuhkan mempunyai panas yang tinggi jika dibakar dan tidak cepat rusak.

Kwalitas blothong yang baik antara lain:

1. Blothong dicetak atau dibentuk tidak lebih dari 20 hari sejak dikeluarkan dari PG itu sendiri.

2. Sebelum dicetak blothong sebaiknya tidak terkena air atau hujan sebab dapat mengurangi panas atau proses pembuatannya lebih sulit.

Untuk membuat atau mencetak blothong menjadi briket tidak terlalu sulit sebab hanya melalui pembentukan dengan dipress atau dipadatkan.

Bentuk dan pembuatan briket yang paling mudah yaitu dibuat seperti bola – bola / telur, batu bata, dan lubang – lubang kecil (sarang tawon).

Di Indonesia terdapat 55 Pabrik Gula /PG, 38 berada di wilayah jawatimur, 15 berada di jawatengah dan jawa barat, 1 di Sumatra dan 1 di Sulawesi.

Karena iklim dan kondisi negara Indonesia sangat cocok bagi tanaman tebu maka keberadaan PG dari jaman penjajahan Belanda sampai saat ini PG dapat dijadikan andalan baik untuk pendapatan para petani maupun PG.

Selagi masih berdirinya PG maka masih ada limbah Blothong yang dapat dijadikan bahan bakar alternatif, sebab kayu bakar yang selama ini menjadi tumpuan bahan bakar baik untuk rumah tangga maupun home indutri harganya mahal disamping itu kayu bakar semakin lama dan sulit didapatkan. Bukankah pemerintah memprogramkan untuk penghijauan agar hutan atau tanaman keras untuk menjaga keseimbangan terhadap akibat banyaknya hutan dan tanaman semakin menipis persediaannya dari tahun ke tahun.

Upaya pembuatan briket Blothong sangat tepat dalam mengatasi keadaan saat ini dengan alasan dan tujuan sebagai berikut:

1. Pemanfaatan limbah blothong untuk bahan bakar alternatif.

2. Cara pembuatannya sangat mudah dan murah.

3. Panas yang dihasilkan setara dengan kayu bakar dengan kwalitas rendah maksudnya kayu bakar sejenis jengon laut, saman, ranting – ranting pohon.

4. Dapat dicampur dengan batubara, serbuk gergaji dari kayu, limbah buah kopi dll.

Limbah Pabrik Gula / PG. terdiri dari :

1. Ampas tebu – Limbah ini masih mempunyai nilai ekonomis  sebab masih dapat dipergunakan untuk bahan bakar dari PG itu sendiri maupun untuk pabrik kertas. Ampas tebu sangat bermanfaat untuk pembakaran sebab mempunyai kalori tinggi.

2. Tetes / molasse – Limbah ini masih mempunyai nilai ekonomis tinggi sebab bisa dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan sprirtus, bioetanol, dan kecap.

3. Blotong- Limbah ini dimanfaatkan hanya sedikit kira-kira 20 % dari produksi PG untuk kompos dan selebihnya  untuk landscape/pengurukan tanah atau dibuang.

4. Abu dan arang sisa pembakaran dari PG itu sendiri dimanfaatkan untuk pengurukan tanah dan dibuang.limbah-blotong-new BLOTONG DAN ABU/ARANG

Sumbermanjing, Selain sebagai produsen dan pusat study energi alternativ sederhana, Presiden Briket juga bekerjasama dengan masyarakat sekitar khusunya masyarakat pedesaan di Druju, Sumbermanjing, Malang, dan juga merambah keberbagai kecammatan sekitar diantaranya (sumbermanjing, Turen, Bululawang). untuk membuat suatu komunitas pengguna bahan bakar alternativ dengan juga Presiden Briket, dalam hal ini, Bapak Moh. Daifur, SE juga bertindak sebagai Ketua Kelompok pengguna Bahan Bakar Alternativ dimana dengan anggota berasaal dari para pengrajin batubara, pembuat genteng, serta industri makanan skala rumah tangga. Hingga saat ini kelompok diperkirakan beranggotakan kurang lebih 500 anggota dengan anggota aktif sekitar 40 orang. harapannya dengan adanya komunitas ini akan lebih mempermudah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa kita tidak selamanya harus tergantung pada fuel.f1250003a1

tumpukan-bukuMalang, Sehubungan dengan adanya keinginan untuk selalu mensharingkan dan membagi pengalaman tentang proses dan penelitian yang mangarah kepada pemanfaatan energi alternativ terbarukan khususnya dalam hal ini biomassa, Presiden Briket juga sedang mendokumentasikan beberapa file – file dan catatan – catatan tentang perkembangan dari pembuatan energi alternativ dalam hal pembuatan briket. Dalam waktu dekat ini Presiden Briket akan menerbitkan buku tentang pembuatan Anglo serta pembuatan Briket dari Limbah Pabrik Gula hingga dapat dimanfaatkan menjadi Briket Blotohong. So Stiil waiting for this, Thanks.

name-card-jerman-baru

Malang, Sehubungan dengan Kegiatan ketika mengikuti UPAKARTI di Jakarta Presiden Briket juga memperoleh banyak relasi dalam hal pengembangan penemuan energi alternativ untuk kehidupan dunia dan Indonesia khususnya. Dengan adanya dorongan dari pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bapak Franz Gelbke sebagai BTC Expert, Buisiness Development kepada Pihak Presiden Briket, Bapak Daifur, SE atas apresiasi dan dorongan untuk mengembangkan energi terbarukan dari biomassa yang mana indonesia sebagai sebuah negara berkembang mampu untuk bersaing dan menemukan ide penggunaan enrgi alternativ untuk masa depan. Selain juga Indonesia sebagai negara Agraris.